Breaking News

Bukan AC Double Blower, Berikut Kerja 'Kipas Angin' Sigra

Daihatsu SIgra
Berita terkini Jakarta, Indonesia - Daihatsu Sigra dan saudara kembarnya, Toyota Calya, mempertahankan AC gaya kabin lama sejak debutnya pada tahun 2016. Memasuki model terbarunya, keluarga dengan tujuh penumpang di segmen mobil yang terjangkau dan ramah lingkungan lingkungan (Low Cost Green Car / LCGC) selalu memelihara sistem sirkulasi air di atap (fan).

Sirkulator udara berbeda dari AC kipas ganda yang ada pada mobil penumpang pada umumnya. Si kembar Sigra dan Calya hanyalah penggemar yang membawa udara dingin yang datang dari AC utama ke baris kedua dan ketiga.

"Oleh karena itu sirkulasi udara hanya mentransmisikan udara dingin ke belakang," kata Dealer Dukungan Teknis Senior Toyota-Astra Motor (TAM), Senin (16/9).

Menurut dealer, udara dingin tidak keluar dari air circulator karena fungsinya tidak memiliki evaporator yang mengubah cairan menjadi uap dingin.

Pengoperasian sirkulasi udara menarik udara dingin dari AC utama. Lalu udara dilewatkan ke baris ketiga. Tingkat kekuatan angin dapat disesuaikan.

"Cara menyalakannya sama dengan kipas AC ganda, tetapi [sirkulasi udara] ini tidak memiliki evaporator," kata Dealer.

Pertanyaan apakah fitur ini mendinginkan kabin, kata dealer tidak yakin. Itu semua tergantung pada jumlah penumpang. Jika muatan penuh atau 5 + 2, tentu saja, udara dingin di AC tidak terlalu terlihat di belakang.

Keunggulan kipas seharusnya meningkatkan efisiensi energi Sigra dan Calya. Karena kinerja kompresor lebih ringan, tidak seperti mobil yang sudah menggunakan pendingin udara kipas ganda.

"Hemat bahan bakar secara efisien melalui pengurangan kerja kompresor," kata dealer.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengungkapkan bahwa dia sengaja mempertahankan fitur ini karena tekanan pada harga jual kendaraan.

Jika Anda terpaksa menggunakan blower AC ganda, harga model Sigra terbaru jelas tidak bisa dihilangkan. Perpanjangan Sigra meningkatkan harga dari 1,5 juta menjadi 2 juta Rupiah, kecuali untuk varian terendah.

"Ini semua soal harga, dan konsumen tidak mengeluh tentang penggunaan sirkulasi udara," kata Amelia.

No comments