Pemadaman Listrik dan Layanan Untuk Beberapa ATM Terganggu
Layanan ATM terganggu karena listrik padam. |
Berita terkini Jakarta, Indonesia - Pemadaman listrik di beberapa lokasi di Jabodetabek telah mengganggu beberapa layanan perbankan. Sekretaris Jenderal PT Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra mengatakan pemadaman listrik telah mengganggu beberapa layanan ATM. Namun, dia meyakinkan bahwa pelanggan masih bisa melakukan transaksi melalui layanan elektronik BCA
"Ini termasuk BCA Mobile, Internet Banking, BCA Click dan Sakuku BCA," katanya setelah pernyataan tertulis.
Sekretaris Jenderal PT Bank Negara Indonesia (BNI), Meiliana, mengatakan bahwa meskipun terganggu, operasi sebagian besar ATM BNI di daerah-daerah yang terkena pemadaman listrik oleh PLN terus berfungsi secara normal. Saat ini, masih ada lebih dari 15.000 mesin perbankan otomatis BNI yang dapat menangani transaksi pelanggan di seluruh Indonesia.
"BNI memastikan operasi ATM di luar cabang kembali normal setelah listrik gedung dipulihkan," katanya.
Dia mendorong pelanggan untuk menggunakan ATM di kantor cabang BNI. Ada cadangan daya yang memadai.
Pelanggan juga dapat menggunakan ATM BNI di area dengan listrik yang cukup, seperti pusat perbelanjaan, restoran, bandara, atau ruang publik yang ditenagai oleh generator.
Transaksi juga dapat selalu dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking dan BNI Internet Banking
"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna setia distributor BNI," katanya.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal PT Bank, Mandiri Rohan Hafas, percaya bahwa ATM akan terganggu karena pemadaman listrik.
"Kami percaya bahwa beberapa mesin penjual otomatis yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung tanpa generator akan terganggu karena masa pakai baterai (UPS) hanya bertahan satu hingga dua jam," katanya. dia menyatakan.
Namun, ia memastikan bahwa layanan perbankan utama berfungsi normal, karena seluruh jaringan cabang Bank Mandiri memiliki generator untuk menjaga pasokan listrik. Dia melanjutkan, perusahaan terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola properti, untuk memastikan dan memantau ketersediaan listrik untuk ATM dan EDC Bank Mandiri.
Untuk swalayan online, lanjut Rohan, juga dipastikan perangkat lunak akan terus beroperasi secara normal. Namun, layanan ini dapat terpengaruh jika jaringan seluler situs pelanggan terganggu.
"Kami terus memastikan bahwa layanan perbankan Bank Mandiri terus berfungsi untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan publik," kata Rohan.
Diketahui bahwa listrik telah terputus beberapa kali di wilayah Jabodetabek sekitar pukul 11.50 WIB. Perusahaan Listrik Nasional (PLN) mengkonfirmasi sejumlah daerah yang terkena dampak pemadaman pada hari Jumat (4 dari 8).
Suprateka, Wakil Presiden Eksekutif, Komunikasi Perusahaan dan CSR, mengatakan kepada Suprateka bahwa gangguan dalam transmisi menyebabkan pemadaman listrik di Jabodetabek, bagian dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Suprateka menyatakan bahwa gangguan terjadi pada sisi transmisi di Ungaran dan Pemalang, di Jawa Tengah, pada 500 kV, yang mengakibatkan kegagalan transfer energi timur-barat.
Selain itu, gangguan pada transmisi 500 kV SUTET telah mengakibatkan kepunahan sejumlah daerah di Jawa Barat. "Tindak lanjut dari semua perjalanan ke pembangkit listrik di Jawa tengah dan barat," jelasnya.
No comments